Studium General 1441 H

Stadium Generale merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Ma’had Aly. Pada kesempatan kali ini (15/6) selaras dengan dimulainya tahun akademik baru, Ma’had Aly Al-Iman Bulus kembali melaksanakan agenda tersebut yang menghadirkan Narasumber Prof. Dr. Abdul Mustaqim, S. Ag, M. Ag yang merupakan Kaprodi Jurusan serta Guru Besar Ilmu Tafsir dan Al Qur’an UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dengan mengusung tema ” Pemetaan Studi Al Qur’an”.

Ruang lingkup pembahasaannya meliputi kajian-kajian tentang Al-Qur’an ( دراسات القرأن ) diantaranya mengenai internal teks Al-Qur’an ( ما في القرأن ) yang didalamnya mencakup kajian-kajian cara membaca Al-Qur’an ( Ilmu Tajwid dan Qiro’at ), tentang cara menulis Al-Quran ( Ilmu Rosm Al-Qur’an ), tentang cara memahami Al-Qur’an ( Ilmu Tafsir, Qowaid Tafsir, Metode dan pendekatan tafsir ).

Selain itu ada juga kajian mengenai eksternal Al-Qur’an ( ما حول القرأن ), Didalamnya meliputi kajian tentang konteks turunnya Al-Qur’an berdasarkan Sebab Nuzul Makro dalam konteks sosio-kultural arab abad VII M dan Sebab Nuzul Mikro dalam konteks situasi spesifikasi turunnya ayat Al Qur’an. Tak hanya itu saja, kajian mengenai eksternal Al Qur’an juga meliputi kajian tentang sejarah Al-Qur’an, Ulumul Qur’an, Metode Tafsir dan tentunya masih banyak lagi pembahasan tentang Pemetaan Studi Al Qur’an.

Pembahasan tersebut sangatlah relevan dengan beberapa mata kuliah yang ada didalam Ma’had Aly ini.
Semoga dengan adanya Studium Generale tersebut dapat menambah sekaligus membuka wawasan keilmuan para mahasantri dalam mempelajari Ilmu Tafsir dan Al-Qur’an.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *