Visitasi

Teleconference Pelaksanaan Visitasi Lapangan Pendirian Ma’had Aly “AL-IMAN” Bulus Purworejo

Mudir Ma’had Aly Al-Iman Beserta Staf

Visitasi ini merupakan progam pemerintah untuk memberikan surat izin operasional kepada Ma’had Aly Al-Iman, yang dimana proses mendapatkan surat izin operasional ini sudah dilakukan sejak pertama kali Ma’had Aly Al-Iman dibuka pada 1 September 2018 yang lalu. Proses ini dilakukan dengan beberapa tahap.

Tahap pertama: setelah diadakannya kegiatan Ma’had Aly Al-Iman, diajukanlah surat permohonan izin Ma’had Aly Al-Iman kepada Kemenag RI yang telah mendapatkan rekomendasi dari kabupaten dan kanwil dari provinsi. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Permohonan rekomendasi ke kemenag kabupaten tanggal 01 Maret 2019
  2. Rekomendasi dari kemenag Purworejo turun tanggal 14 Maret 2019 Kemudian dikirim ke kanwil
  3. Rekomendasi dari kanwil turun pada tanggal 12 Juli 2019
  4. Proposal permohonan izin operasional itu diajukan ke Jakarta pada tanggal 28 Juli 2019

Baca Juga : Jidat Hitam

Tahap kedua: pemanggilan kepada Ma’had Aly Al-Iman untuk presentasi di kantor Kemenag RI di Jakarta tanggal 17 Januari 2020.
Tahap ketiga: dilaksanakannya visitasi oleh Kemenag RI, tapi berhubung pada tahap ini masih ada pandemi COVID-19, maka untuk pertama kalinya, visitasi dilakukan secara online menggunakan aplikasi Zoom pada hari Rabu tanggal 29 April 2020 M/06 Ramadhan 1441 H yang diberi nama “Teleconference”. Berdasarkan informasi dari narasumber, Bapak Mujiman, S.Pd, visitasi online dimulai sekitar pukul 11.00-13.15 dengan 4 sesi acara, yaitu; pemaparan tentang Ma’had Aly Al-Iman, tanya jawab, visitasi lapangan, istirahat, dan penyampaian tanggapan sementara oleh tim penilai. Setiap sesi acara diberi waktu 40 menit. Acara tersebut dihadiri oleh pihak kemenag RI, kanwil, kemenag kab, kasubdik diniyah & ma’had aly, dan pihak Ma’had Aly Al-Iman. Acara tersebut berjalan dengan lancar, dikarenakan pihak kanwil sudah mengetahui tentang Al-Iman, yang dimana pernah melakukan testimoni terhadap ponpes Al-Iman saat akreditasi MTs Al-Iman dan MA Al-Iman.

Adapun syarat Ma’had Aly mendapatkan surat izin operasional dari pemerintah yaitu;
a). Harus dibawah naungan pesantren
b). Pesantren memiliki santri minimal 300 orang
c). Punya calon mahasantri minimal 20 orang
d). Memiliki bangunan pesantren dengan tanah milik sendiri.

Sedangkan fasilitasnya yaitu; memiliki gedung sendiri dengan fasilitas ruang kuliah, ruang dosen, ruang mundzir, ruang TU, perpustakaan, aula, musholla, dan toilet.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *